Subscribe Twitter Facebook
Menuju Ulang Tahun Abhimanyu Ke- 4

Runako Dirawat

Jadwal kontrol Runako dan mama sesuai petunjuk dokter saat pulang adalah hari Selasa, 11 November 2014 ... namun disarankan telpon dahulu untuk buat perjanjian ... untuk itulah sehari sebelumnya (senin) papa telpon pada nomor yang diberikan oleh perawat saat kami pulang ... tapi ternyata menurut petugas yang menerima telpon kami dr. Made Bagus Dwi Aryana, SpOG maupun dr. Dharma Artana, Sp.A tidak bisa ... petugas menjadwalkan besoknya Rabu, 12 November 2014.

Hari Rabu, 12 November 2014 ... Runako, mama, papa, nenek dan kakak Asna datang ke Pavilium Amerta Wing Sanglah untuk kontrol ... pertama kontrol ke dokter anak dahulu ... tetapi sedikit kecewa karena dr. Dharma Artana, Sp.A tidak ada ... lho gimana petugas penjadwalan kemarin??? perawat menawarkan kepada papa apakah mau ditangani dokter lain yang sedang berjaga ... karena merasa nanggung dan daripada bolak- balik akhirnya papa menerima ... dr. Gusti Ayu Putu Nilawati, SP.A ... itulah namanya.

Jadilah Runako diperiksa dr. Nila ... sesuai jadwal seharusnya dapat imunisasi Folio dan BCG ... akan tetapi karena imunisasi BCG jadwalnya hari Selasa dan Kamis, maka Runako hanya dapat imunisasi Folio ... selain itu Runako diindikasikan kuning ... harus cek darah karena takutnya Kadar bilirubin (pigmen empedu) dalam darah tinggi ... batas Kadar bilirubin (pigmen empedu) dalam darah untuk bayi yang baru lahir adalah kurang dari 12 mg% ... jika benar Kadar bilirubin (pigmen empedu) Runako tinggi artinya Runako harus rawat inap 3- 4 hari untuk mendapat terapi sinar (fototerapi) ... dari gaya dr. Nila ngomong papa sudah mendapat firasat tidak enak ... kepala papa tiba- tiba terasa berat banget.

Sebelum cek darah Runako temeni mama periksa terlebih dahulu ke dr. Made Bagus Dwi Aryana, SpOG ... Alhamdulillah, mama sehat ... udah boleh rawat jalan.

Kemudian Runako cek darah lalu diizinkan pulang ... hasilnya akan dikabarkan melalui telpon beberapa jam kedepan.

Sekitar pukul 13.00 WITA papa dapat telpon dari sanglah ... hasilnya Kadar bilirubin (pigmen empedu) Runako tinggi ... sekitar 19% ... artinya Runako harus rawat inap.

Setelah persiapan dirasa cukup ... Runako, papa, mama, nenek dan kakak Asna meluncur ke Pavilium Amerta Wing Sanglah Denpasar. Kurang lebih jam 14.00 WITA kami sampai Rumah Sakit.

Giliran papa yang ke bagian administrasi untuk urus kamar ... singkat jelas dan padat petugas menjelaskan ... "semua kamar penuh... jika mau nunggu sekitar jam 18.00 WITA ... tapi tak ada jaminan ada yang kosong ... satu- satunya kamar yang kosong dan siap pakai kamar kelas jepun bali" kata petugas.

Kemudian petugas menyodorkan daftar harga kamar ... sejenak papa terpana ... jika sesuai asuransi yang papa punya (papa PNS), kamar yang ditanggung sebesar Rp. 177. 500,- (kamar+visit dokter+perawatan) ... sedangkan kamar yang kosong harganya Rp. 1.950.000,- ... Runako yakin saat itu diatas kepala papa banyak bintang berterbangan :( ... hahaha

Harus segera diambil tindakan ... jam telah menunjukan pukul 14.20 WITA ... masalah lain urus nanti ... yang penting Runako segera ditangani.

OK ... ambil kamar jepun bali ... setelah melengkapi berkas akhirnya kami disuruh nunggu diruang pasien karena kamar sedang disiapkan.

Pukul 15.00 WITA --- seorang perawat menghampiri kami ... mengulang penjelasan bagian administrasi dan mengukur panas Runako.

Pukul 15.20 WITA --- giliran papa dipanggil dokter buat tanda tangan berkas lagi.

--- masih nunggu --- "kapan siapnya nich kamar" gerutu ayah.

Akhirnya pukul 16. 20 WITA seorang perawat mengantar kami menuju kamar jepun bali.

Penasaran juga pengen tahu seperta apa kamar rumah sakit yang harganya 2 (dua) juta per malam.

Ooooo... seperti ini...

Kamarnya 2 ruangan dengan pintu masing- masing ... (2 kamar digabung jadi satu) ... satu ruangan khusus pasien dengan fasilitas kamar mandi dalam ... AC ... TV ... meja kursi ... almari yang lumayan besar dan 2 tempat tidur (pasien dan penunggu)... ruangan satunya khusus pengunjung ... ada sofa ... meja kursi makan ... TV ... AC ... almari serta kamar mandi dalam.

Belum ada air minum, pemanas air apalagi fasilitas lainnya ???

----------
---------- meskipun bersusah payah ... akhirnya berhasil juga perawat menyiapkan mesin fototerapi

Mulailah Runako mendapat Terapi Sinar (fototerapi) ... petang itu.

Malam ini belum ada kunjungan dokter.

-- ISTIRAHAT TOTAL ... BESOK BARU MIKIR LAGI --

Menunggu kamar disiapkan





Kamar Jepun Bali 204

















Terapi Sinar (Fototerapi)



Gambar kartun oleh tingkahanak.com
Penyebab dan penanganan bayi kuning

0 komentar:

Posting Komentar